Prajurit Pos TNI AL Kumai melakukan aksi penyelamatan pada nelayan yang mengalami kejang-kejang..
Sumber :
  • Tim Tvone-Jamberi

Prajurit TNI AL Kumai Selamatkan Nelayan Kejang-kejang di Perairan Laut Jawa

Jumat, 7 Januari 2022 - 10:38 WIB

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah - Prajurit Pos TNI AL Kumai jajaran Lanal Banjarmasin melakukan aksi penyelamatan pada nelayan yang mengalami kejang-kejang dan muntah di perairan Laut Jawa, tepatnya muara Sungai Arut, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko melalui Danposal Kumai Letda (P) Rio Kusuma  mengatakan sekitar pukul 13.30 Wib datang seorang ibu bernama Nur Hayati yang tinggal di jalan Swadaya No 88, RT 1, Desa Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, meminta tolong bahwa ada nelayan kejang-kejang.

“Mendengar ada warga yang membutuhkan pertolongan, kami langsung berkomunikasi dan meminta petunjuk kepada Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, dari hasil Koordinasi diperintahkan kepada personel Posal Kumai untuk segera membantu melaksanakan evakuasi,” kata Rio Kusuma, Jumat (7/1/2022).

Lanjut Rio, ibu Nur Hayati ini merupakan istri dari juragan klotok tersebut, dirinya meminta bantuan kepada anggota Posal agar bisa menjemput ABK  yang saat itu mengalami kejang-kejang, muntah dan tidak sadarkan diri. 

“Klotoknya sudah tiga hari berlayar mencari ikan, posisi klotok terakhir saat itu berada di perairan muara Sungai Arut, karena ditakutkan terjadi apa-apa ibu Nur Hayati ini meminta bantuan agar bisa menolong nelayan yang kejang tersebut,” ucap Rio Kusuma.

Begitu mendengar laporan, Pos TNI AL Kumai dengan dibantu satu keluarganya bergerak cepat untuk melaksanakan penyelamatan dan melaksanakan penjemputan dengan menggunakan Speed 85 Pk  menggunakan komunikasi via Radio dengan titik temu di perairan Tg. Penghujan. Jarak dari Posal ke Sungai Arut 30 NM. Sekitar pukul 15.50 Wib dua personel Posal didampingi satu orang keluarga korban melaksanakan penjemputan 

Baru sekitar pukul 16.52 Wib ABK (Agus Rafi'i) yang mengalami sakit tersebut berhasil dievakuasi dengan menggunakan Speed Posal, pukul 18.05 Wib speed Posal tiba di dermaga selanjutnya ABK dievakuasi ke Puskesmas Kumai dengan menggunakan Randis Posal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
Viral