Asap mengepul dari titik pipa Pertamina yang bocor di Indramayu.
Sumber :
  • Opih Riharjo

Pipa Pertamina di Indramayu Bocor dan Terbakar, Warga Panik

Senin, 9 Mei 2022 - 19:13 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Ceceran crude oil yang diduga milik PT Pertamina, terbakar di Blok Cidadap desa Cikedung, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Banyaknya crude oil membuat api merambat dengan cepat.

Kobaran api dengan kepulan asap hitam pekat tersebut berasal dari Sungai Belik yang dipenuhi crude oil. Ceceran crude oil yang diduga berasal dari pipa Pertamina yang mengalami kebocoran akibat korosi.

Sementara itu Imam Safii, Lurah Desa Cikedung menjelaskan sebelumnya sempat terjadi kebocoran pipa yang diduga merupakan pipa minyak mentah milik Pertamina EP Regional 2 Zona 7, Jatibarang Field, Indramayu, Jawa Barat.

"Sebelumnya terjadi kebocoran, saya dapat laporan dari warga, areal persawahanya terkena minyak, pas saya cek tidak hanya sawah yang kena, bahkan minyak mengalir ke sungai," tegas Iman kepada tvOneNews.com. Senin (9/5/2022).

Pipa yang diperkirakan berukuran 9 inchi ini, mengalami kebocoran pada bagian bawahnya yang terdapat 2 kebocoran. Sehingga, cairan yang diduga merupakan minyak mentah, sangat deras mengalir keluar dari lubang pipa yang bocor. Selain mencemari areal persawah crude oil juga mengalir deras ke sungai, sehingga terjadi kebakaran.

"Minyak yang tercecer lumayan banyak, kita sudah melapor ke sejumlah pihak, namun belum ada realisasi dari pihak Pertamina. Warga kami mengharapkan ada tidakan, ya minimal sungai yang terdampak, segera dibersihkan," lanjut Imam.

Sementara itu PT Pertamina EP Pasca ditemukannya keluaran pada pipa 4 inchi trunk line underground Km 9 SP TGB-SPU C yang berada di Desa Cikedung Kabupaten Indramayu (4/5), PT Pertamina EP (PEP) yang tergabung dalam Zona 7 Regional Jawa Subholding Upstream dengan cepat dan responsif mengatasi keluaran yang terjadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
Viral