Presiden Jokowi menerima gelar adat Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa dari masyarakat Ende, Rabu, 1 Juni 2022.
Sumber :
  • Kemensetneg

Jokowi Terima Gelar Adat Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa, Apa Artinya?

Kamis, 2 Juni 2022 - 18:54 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo dianugerahi gelar adat 'Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa' saat berkunjung ke Kota Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 1 Juni 2022 kemarin.

Bersama Ibu Iriana, kedatangan Jokowi untuk memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, disambut dengan tarian Woge yang memiliki makna penyambutan kemenangan perang.

Gelar adat Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa memiliki arti sebagai pemimpin wilayah seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Setelah menerima gelar adat, Jokowi dan ibu negara juga menyaksikan aksi Bupati Ende memutari Tubu Kanga (pusara adat) sebanyak 4 kali. Aksi itu bermakna sebagai penyatuan unsur alam berupa tanah, air, angin, dan api.

Jokowi pun memberikan apresiasi atas penyambutan yang dilakukan masyarakat Ende.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya, Bu Iriana, dan seluruh rombongan sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," kata Jokowi.

Ia juga mengenang Soekarno atas pemikiran serta renungannya tentang Pancasila.

"Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral