Ruang Sidang DPR RI Komisi III di Gedung Nusantara II.
Sumber :
  • Julio Trisaputra/tvOne

Penasihat Kapolri Tersandung Kasus Sambo, Komisi III: Kok Bisa Terlibat Pembunuhan Brigadir J? 

Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:21 WIB

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa mempertanyakan soal keterlibatan penasihat Kapolri dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Desmond menyebut keterlibatan itu menimbulkan kesan bahwa penasihat Kapolri dapat dipakai dengan bebas oleh anggota polisi yang lain. 

Selain itu, Desmond juga mempertanyakan banyak anggota Polri yang terlibat langsung dalam kasus tersebut. 

"Ada apa kok insitusi terlibat banyak ini, ada kesan geng-gengan, ada kesan kebiasaan untuk tutup kasus perkasus. Saya diingatkan kasus KM 50, kesannya dikeroyok ditutup," kata dia dalam Rapat di  Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Menurut dia, banyaknya anggota yang terlibat itu dapat merusak citra Polri menjadi buruk.

"Saya akan ungkap agar masyarakat dengar langsung dan langkah-langkah yang dilakukan Kapolri ke depan. Misalnya sekian banyak orang terlibat FS, tentu ini berdampak pada tindakan Kapolri pada hukuman-hukuman sekian lama," ujar dia. 

Lebih lanjut, Desmond mengatakan hal ini seolah-olah muncul perang dalam dalam institusi Polri itu sendiri. Ia lantas meminta melalui rapat ini, kasus kematian Brigadir J dapat menjadi terang benderang.

"Saya minta rapat ini terang benderang agar bisa lihat proses peradilan fokus ke sana. Bias-bias yang buat Polri makin terpuruk. Itu tantangan gimana jaga marwah insitusi Polri, dan marwah kita sebagai Komisi III," tandasnya. (saa/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral