Jenderal AH Nasution dan keluarga.
Sumber :
  • Dok.Wikipedia

Perisai Jenderal Nasution, di Pusara Itu Tertulis: Anak Saya yang Tercinta, Engkau Telah Mendahului Gugur Sebagai Perisai Ayahmu

Sabtu, 3 September 2022 - 01:42 WIB

Pagi buta, 1 Oktober 1965, sekira pukul 03.00, Letnan Satu Doel Arif memimpin pasukan Cakrabirawa dengan sandi "Pasopati" mengepung sebuah rumah di jalan Teuku Umar 40 Jakarta. Doel Arief mendapat tugas penting, menculik sang pemilik rumah, hidup atau mati.

Rumah itu ditempati Menhankam Pangab Jenderal AH Nasution. Ia merupakan target utama penculikan para Jenderal Angkatan Darat oleh G30S PKI dalam peristiwa kelam di pagi buta, 1 Oktober 1965 itu.

Sang Jenderal yang telah kenyang dengan berbagai medan pertempuran pada masa perjuangan merebut kemerdekaan itu, dituduh para konspirator G30S PKI sebagai tokoh utama "Dewan Jenderal" yang akan merebut kekuasaan dari tangan presiden Soekarno.

Foto: Jenderal Nasution saat pemakaman jenderal Angkatan Darat yang gugur dalam peristiwa G30S PKI, 5 Oktober 1965 (Film Pengkhianatan G30S PKI)

Tapi jalan hidup sang Jenderal tak berhenti disitu, Ia lolos dari penyergapan di rumahnya, melompat lewat pagar dan bersembunyi di sekitar rumah Dr.Leimena.

Peneliti asal Amerika Serikat, Victor M. Fic, dalam bukunya "Kudeta 1 Oktober 1965, Sebuah Studi Tentang Konspirasi", mengisahkan bagaimana Jenderal Nasution meloloskan diri. 

Pagi itu, setelah merasa situasi cukup aman, pukul 06.00, Nasution keluar dari persembunyiannya di sekitar rumah Dr. Leimena di Jalan Teuku Umar 36.

Ia kemudian masuk lewat pagar ke rumahnya sendiri di Jalan Teuku Umar 40. Kakinya terluka akibat terjatuh dari pagar tembok rumahnya saat berupaya meloloskan diri.

Nasution kemudian dibawa dengan mobil oleh Letnan Kolonel Hidajat Wirasondjaja, Komandan Staf Markas Besar AD, ajudannya Mayor Sumargono dan ipar laki-laki Nasution, Bob Sunarjo Gondokusomo, ke persembunyian baru.

" Mereka khawatir para pembunuh akan terus mengejar Nasution untuk kembali mencoba membunuhnya jika ia dibiarkan di rumahnya atau di sekitar situ. Kekhawatiran mereka ternyata beralasan, karena tidak lama setelah Nasution lolos seorang anggota Tjakrabirawa datang ke rumahnya mencari dia dan menanyakan di mana Nasution." tulis Victor M. Fic.

Demi keamanan dirinya, Sang Jenderal kharismatik itu harus rela tiarap di lantai mobil saat dibawa keluar dari kawasan Teuku Umar menuju ke tempat persembunyian yang baru. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral