Ondoafi Besar dari Tanah Tabi, Yanto Khomlay Eluay.
Sumber :
  • Istimewa

Lukas Enembe Sakit dan Tersandung Kasus Korupsi, Ondoafi Sentani Minta Pemerintah Pusat Tetapkan Pj Gubernur Papua

Rabu, 19 Oktober 2022 - 09:24 WIB

Jakarta - Ketidakaktifannya Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua lantaran dirinya sedang menderita sejumlah penyakit dan tersandung kasus korupsi membuat pelayanan kepada masyarakat di Papua pincang.

Akibat berbagai masalah yang tengah dihadapi Lukas Enembe itu, ternyata menjadi sorotan seorang pemimpin adat masyarakat di Sentani, Papua atau yang biasa disebut juga Ondoafi Besar dari Tanah Tabi, Yanto Khomlay Eluay.

Yanto mengungkapkan dirinya bersama tokoh-tokoh adat Papua lainnya ikut bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat adat di wilayahnya masing-masing.

"Kami setuju kalau pemerintah pusat mengambil langkah-langkah strategis guna [menjaga] penyelenggaraan pemerintahan di Papua kepada rakyat supaya dapat berjalan," kata Yanto dalam keterangannya, dikutip Rabu (19/10/2022).

"Kami mendukung sekali. Masyarakat Papua sangat membutuhkan pelayanan pemerintah," sambungnya.

Menurut Yanto, solusi agar pelayanan pemerintah bisa berjalan dengan baik adalah adanya penjabat (Pj) pengganti Gubernur.

"Pemerintah pusat harus hadirkan penjabat yang mengambil alih tugas-tugas itu demi penyelenggaraan pemerintahan di Papua sampai ke tingkat kota dan kabupaten," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral