Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo.
Sumber :
  • DPR RI

PDIP Setuju Pemerintah Tetapkan KLB Kasus Gagal Ginjal Akut, Tapi...

Minggu, 6 November 2022 - 14:21 WIB

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI dari PDI Perjuangan Rahmad Handoyo menyetujui pemerintah menetapkan kejadian luar biasa (KLB) dalam kasus gagal ginjal akut pada anak.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai penetapan KLB dapat dilakukan mengingat kasus aktif terus muncul. Meskipun jumlah kasus saat ini sudah bisa dikendalikan.

"Pada intinya setuju aja, cuman memang kita harus cermati prosedur, tata cara, dan syarat untuk ditetapkan KLB. Kalo terus naik, terus bertambah jumlahnya dalam posisi yang semakin banyak itu masuk akal," kata dia kepada tvOnenews, Minggu (6/11/2022).

Menurut dia, yang harus menjadi fokus pemerintah saat ini adalah bagaimana menyembuhkan pasien gagal ginjal akut agar tidak memakan korban meninggal.

Lebih lanjut, Anggota Dapil Jawa Tengah V ini menjelaskan ada hal yang perlu dilakukan pemerintah dalam jangka pendek dan jangka panjang.

"Jangka pendek saya kira sudah bisa kita lalui beberapa tahap. Pertama, meskipun belum diketahui faktor tunggal, berdasarkan komunikasi dengan WHO memang ini disebabkan karena toxic keracunan atau cemaran," kata dia.

Kendati demikian, Rahmad meyakini penyakit ini tak hanya disebabkan karena zat beracun yang tercemar dalam obat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral