Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (kemeja hijau dengan rompi) Saat Meninjau SMP 1 Cugenang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Sumber :
  • dok. BNPB

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi, Rumah Lama Jadi Lahan Hijau dan Resapan Air

Kamis, 1 Desember 2022 - 10:26 WIB

Cianjur, Jawa Barat - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto mengatakan bahwa rumah korban gempa Cianjur akan diperuntukkan untuk lahan resapan air dan daerah hijau.

"Rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau, sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat karena dikhawatirkan jika gempa terjadi lagi di situ, minimal korbannya tidak banyak," kata Suharyanto di Desa Sirnagalih, dikutip pada Kamis (1/12/2022).

Sementara, para warga nantinya akan direlokasi ke tempat yang telah disediakan. Ada 16 hektar lahan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai daerah relokasi.

"Jadi 16 hektar telah disiapkan. Nanti Bupati dan tim yang akan menentukan siapa dan penduduk mana yang akan pindah ke sini," kata Suharyanto.

Bagi warga yang rumahnya direlokasi, akan mendapatkan ganti rumah di tempat yang telah disediakan, rumah yang lama tidak diperbolehkan lagi dihuni masyarakat.  

"Begitu yang direlokasi sudah punya rumah dan hak tanah baru, tanah warga yg lama akan dikelola pemerintah agar warga tidak balik lagi ke sana," jelasnya. 

Sementara rumah lama menurut Suharyanto nantinya akan dijadikan daerah resapan air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral