Ketua KPK Umumkan AKBP Bambang Kayun Tersangka Suap.
Sumber :
  • Tim tvOne

Jadi Tersangka, KPK: AKBP Bambang Kayun Diduga Terima Suap dan Gratifikasi Senilai Rp56 Miliar

Rabu, 4 Januari 2023 - 00:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan AKBP Bambang Kayun sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi pemalsuan surat perebutan hak ahli waris PT Aria Citra Mulia (PT ACM).

"Tersangka AKBP Bambang Kayun diduga menerima uang secara bertahap yang diduga sebagai gratifikasi dan berhubungan dengan jabatannya dari berbagai pihak yang jumlahnya sekitar Rp50 miliar," ungkap Ketua KPK, Firli Bahuri kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Ketua KPK Firli mengatakan, pihaknya menduga ada dua orang penyuap AKBP Bambang Kayun, yakni ES dan HW. Keduanya mulai berkomunikasi dengan Bambang Kayun sejak Mei 2016.

Dari kedua penyuap tersebut, lanjut Firli, AKBP Bambang Kayun diduga mendapatkan aliran uang hingga Rp5 miliar. Dana itu dikirimkan kepada Bambang pada tahun 2016.

"Tersangka BK menerima uang sekitar Rp5 miliar dari ES dan HW dengan teknis pemberiannya melalui transfer bank menggunakan rekening dari orang kepercayaannya," tuturnya.

Firli juga menyebut Bambang Kayun kembali mendapatkan aliran dana dari ES dan HW pada tahun 2021 sebesar Rp1 miliar. Padahal, saat itu keduanya telah berstatus tersangka di Bareskrim Polri.

"Diduga tersangka BK sekitar bulan Desember 2016 juga diduga menerima Rp1 miliar dari ES dan HW untuk membantu pengurusan perkara," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral