Kemunculan pulau baru pascagempa di Maluku.
Sumber :
  • Antara Foto

Fenomena Munculnya Pulau Baru Usai Gempa Maluku, Ini Kata BRIN

Kamis, 12 Januari 2023 - 21:35 WIB

Jakarta - Usai gempa magnitudo 7,5 yang mengguncang Maluku, muncul pulau baru di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Maluku.

Eko Yulianto selaku peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, pulau baru itu muncul akibat siklus gempa.

"Pembentukan pulau baru terjadi dalam istilah geologi disebut patahan, dimana proses pengangkatan penurunan daratan terjadi akibat mekanisme siklus gempa," ujarnya, Kamis (12/1/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, pengangkatan dan penurunan daratan oleh mekanisme siklus gempa, disebabkan oleh dua fase utama. Yakni inter seismic merupakan fase awal gempa bumi. kedua, fase coseismic adalah fase ketika gempa tektonik terjadi.

"Seperti yang pernah terjadi pada kasus gempa tsunami Aceh tahun 2004, munculnya pulau dengan ketinggian mencapai tiga meter," imbuhnya.

Fenomena munculnya pulau baru ini, kemungkinan besar sebelum munculnya pulau baru dikarenakan kondisi laut yang dangkal. Sehingga ketika gempa menyentak, maka dasar laut dangkal ini bisa mencuat ke atas permukaan laut dan menjadi pulau baru.

"Untuk mengkonfirmasi prosesnya seperti apa sebelum kejadian gempa, kemungkinan masyarakat sudah mengamati apakah laut dangkal relatif dekat dengan permukaan air sehingga dengan sekali hentakan kejadian gempa, maka kemudian seolah-oleh muncul menjadi pulau baru," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral