Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur Rabu (25/1/2023)..
Sumber :
  • Rika Pangesti/tvOnenews.com

Jelang Pilpres, Mahfud MD Singgung Pejabat Cuek Karhutla

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa setiap menjelang Pemilu para pejabat cenderung mengabaikan isu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Mahfud MD menyinggung bahwa para pejabat lebih disibukkan dengan urusan-urusan politik daripada memerhatikan lingkungan.

Lantas Mahfud MD pun meminta kepada jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk lebih waspada soal ini.



“Semua pimpinan daerah, Forkopimda yang mempunyai hutan yang rawan dengan kebakaran supaya dari sekarang waspada karena ya, dulu ada gurauan gitu, kalau sudah jelang tahun politik biasanya orang lalai. Banyak yang kerja politik dan macam-macam sehingga tidak waspada,” ungkap Mahfud saat jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Mahfud MD mengklaim dalam beberapa tahun terakhir kebakaran hutan di Indonesia telah menurun.

Sehingga, menurutnya gugatan dan protes dunia internasional soal karhutla pun telah menurun.

“Beberapa tahun terakhir itu sudah sepi dari gugatan-gugatan dan protes dunia internasional. Karena kita berhasil kendalikan kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak mengganggu warga negara lain,” ucapnya.

Menurut dia, kendati kebakaran hutan di Indonesia masih terjadi, tetapi tidak menimbulkan dampak yang berlebihan terhadap masyarakat.

“Mungkin ada sedikit banyak tapi sudah cepat teratasi, tidak sampai menimbulkan sesak nafas yang berlebihan terhadap masyarakat,” pungkasnya.(rpi/muu)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral