Lokasi calon ibu kota negara Indonesia yang baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara..
Sumber :
  • ANTARA

Nusantara dan Perubahan Makna Dari Masa ke Masa

Rabu, 19 Januari 2022 - 10:04 WIB

Jakarta - Babak terbaru dalam menyambut kelahiran ibu kota negara Indonesia di Kalimantan Timur telah tiba pada pemberian nama yang dipilihkan oleh pemerintah, yaitu Nusantara.

Tentu saja, kata Nusantara tidaklah asing bagi segenap bangsa Indonesia sebagaimana yang dijelaskan Dosen Sastra Jawa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Rudy Wiratama Partohardono.

Menurutnya, istilah Nusantara telah digaungkan sejak zaman Kerajaan Singasari, namun dalam bentuk lain, yakni Dwipantara.

Sekitar tahun 1275, sosok Raja Singasari Kertanegara memperkenalkan konsep Cakrawala Mandala Dwipantara. Berdasarkan bahasa Sansekerta, Dwipantara memiliki makna yang persis dengan Nusantara.

"Dwipa" berarti pulau dan "antara" berarti di luar sebagaimana Nusantara dengan "nusa" berarti pulau dan "antara" berarti di luar. Dwipantara diartikan sebagai kepulauan di tanah seberang.

Kertanegara mengusung konsep Cakrawala Mandala Dwipantara untuk mempersatukan kerajaan-kerajaan Kepulauan Tanah Seberang di bawah kewibawaan Singasari demi mencegah ancaman dari Bangsa Mongol yang hendak membangun Dinasti Yuan di Tiongkok.

Dengan kata lain, Kartanegara pun bercita-cita menyatukan Jawa dan Dwipantara (Nusantara/Kepulauan Tanah Seberang) untuk melawan ancaman itu.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral