Ilustrasi Liga Champions.
Sumber :
  • ANTARA

UEFA Terapkan Format Baru untuk Liga Champions Musim depan

Selasa, 5 Maret 2024 - 07:43 WIB

tvOnenews.com - UEFA menerapkan format baru untuk Liga Champions musim 2024/2025. Mulai musim depan, UEFA akan mengganti fase grup dengan sistem liga.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin  menyebut perubahan ini sebagai komitmen UEFA untuk menghormati nilai-nilai fundamentarl olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka. 
 
"Dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas," kata Aleksander Ceferin.


 
Ceferin mengungkapkan bahwa format baru tersebut disetujui dengan keputusan bulat oleh berbagai pihak.

"Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semuanya menyetujui proposal yang dibuat. Bukti lain bahwa sepak bola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya," jelasnya.

Jumlah peserta Liga Champions format baru pun akan bertambah dari 32 menjadi 36 tim. Fase grup yang biasanya terdiri dari delapan grup juga tidak lagi berlaku, digantikan dengan satu klasemen liga.

UEFA akan membagi seluruh peserta ke dalam empat pot unggulan. Nantinya setiap peserta menghadapi delapan lawan berbeda di kandang atau tandang, tidak lagi bertemu tim yang sama home-away sebagaimana format sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral