Dennis Wise dan Shin Tae-yong jadi kandidat pelatih Timnas Indonesia U-17.
Sumber :
  • Kolase/PSSI

Soal Kandidat Pelatih Timnas Indonesia U-17, Lebih Cocok Dennis Wise atau Shin Tae-yong?

Sabtu, 8 April 2023 - 14:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni, menilai Shin Tae-yong lebih layak menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 daripada Dennis Wise.

Menurut pria yang akrab disapa Bung Kus itu, Indonesia butuh pelatih yang berpengalaman di turnamen besar andai lolos sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Seandainya Indonesia tampil di Piala Dunia U-17, saya sih berharap timnas tetap ditangani STY. Kita butuh pelatih berpengalaman untuk bermain di event sebesar Piala Dunia, apapun kelompok usianya," kata Mohamad Kusnaeni kepada tvOnenews.com, Sabtu (8/4/2023).

Adapun Shin Tae-yong berpengalaman melatih Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala AFC U-17 2022 meskipun tidak lolos. Sedangkan Dennis Wise sama sekali belum pernah melatih Timnas Indonesia.

"Bisa saja sih ditangani pelatih asing selain STY. Termasuk Dennis Wise atau siapapun. Tapi syaratnya harus berpengalaman memimpin tim kelompok usia main di event besar: Piala Dunia U-17, U-20, atau Olimpiade," ujarnya.

Ia menjelaskan Shin Tae-yong lebih cocok menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 karena pelatih asal Korea Selatan itu sudah memahami kultur sepak bola Indonesia termasuk membangun komunikasi dengan pelatih lokal Bima Sakti.

"Keuntungan kalau STY yang menangani karena ia sudah paham kultur sepak bola Indonesia. Ia juga sudah lama membangun komunikasi dengan pelatih timnas U-16 sebelumnya, Bima Sakti," paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral