Sempat Dapat Perawatan Medis, Gajah Betina di PLG Sebanga Mati | tvOne

Kamis, 26 November 2020 - 15:23 WIB

Sempat Dapat Perawatan Medis, Gajah Betina di PLG Sebanga Mati

Bengkalis, Riau – Seekor gajah betina berusia 50 tahun mati di Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga, Kabupaten Bengkalis, Riau. Mamalia tersebut mati setelah sempat mendapat perawatan medis.

Kovita, gajah betina ini berasal dari Wilayah II Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam Riau di Kabupaten Rokan Hilir. Kemudian dibawa ke PLG di Bengkalis untuk jalani perawatan. Tetapi kondisi gajah sudah lemah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Kovita mati akibat luka di beberapa organ di tubuhnya.

“Setelah kita melakukan evakuasi pada bulan Juli kita bawa gajah tersebut untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan. Dari hasil pemeriksaan ada organ tubuh yang perlu untuk dilakukan pengobatan. Pada bulan September memang kondisi Kovita ini sempat roboh,” ujar Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro.

Meski telah dirawat sejak bulan September, keadaan Kovita tak kunjung membaik. Bahkan kondisinya memburuk di bulan November, hingga mati pada Minggu, 22 November 2020.

“Berdasarkan hasil neukropsi dari tim medis BBKSDA Riau, ada luka pada organ tubuh gajah dan sempat ada benjolan kaki kanan dan luka pada lambung sebelah kiri,” ungkapnya.

Setelah melakukan neukropsi gajah tersebut, tim pun kemudian mengubur gajah di kawasan PLG Sebanga.

(Lihat juga: GEMPAR! PENEMUAN INDUK & PULUHAN ANAK KING KOBRA BERKELIARAN)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:40
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
Viral