Tak Hanya Pedas! Ternyata Cabai juga Kaya Nutrisi | lifestyleOne

Minggu, 14 Maret 2021 - 12:18 WIB

Jakarta - Tidak lengkap rasanya makan gorengan tanpa gigitan cabai, bukankah begitu? Adapula yang nggak napsu makan tanpa cabai pedas sebagai pendampingnya. Anda termasuk salah satunya?

Cabai merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan untuk menambah selera makan. Cabai pun banyak jenisnya. Masing-masing cabai memiliki rasa, bentuk, warna, dan tingkat kepedasan yang berbeda. Walaupun bercita rasa pedas ternyata cabai memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, apakah semua jenis cabai memiliki kandungan nutrisi yang sama? Dan apakah perbedaan warna pada cabai dapat menentukan tingkat kepedasannya? Perihal ini, dr Christopher Andrian selaku Spesialis Gizi Klinik akan menjelaskannya.

Berdasarkan warnanya, cabai hijau memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan cabai merah. Sedangkan cabai merah, kandungan vitamin A atau betakarotennya lebih banyak.

Selain itu, yang membedakan cabai hijau dan cabai merah adalah kandungan capsaicin nya.
“Semakin pedas sebuah cabai maka berarti memiliki kandungan capsaicin yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan cabai lainnya,” ungkap dr Christopher.

Masakan Indonesia dikenal memiliki cita rasa yang khas dan cabai menjadi salah satu bumbu penyedap masakan yang sering digunakan. Lantas bagaimana memilih cabai yang aman untuk dikonsumsi?

Berdasarkan penuturan dr Christopher, hindari memilih warna cabai yang warnanya sudah berubah menjadi warna coklat kehitaman karena cabai tersebut sudah mulai rusak atau busuk. Pilihlah warna cabai yang segar dan konsistensinya masih agak keras. Tetapi apabila konsistensinya sudah mulai agak lembek maka cabai tersebut sudah busuk.

Ia menegaskan kembali kepada Anda untuk memilih cabai yang masih segar, kencang, dan warnanya tidak berubah. Sementara itu, sebelum dikonsumsi langsung pastikan cabai dalam kondisi sudah dibersihkan atau dicuci. Pilih cabai yang utuh, bukan yang sudah pecah karena bisa saja didalamnya telah terkontaminasi dengan bakteri.

Bukan karena pedasnya, apabila cabai telah terkontaminasi dengan bakteri maka dapat menyebabkan sakit perut bahkan diare. Perlu diingat, konsumsi cabai juga perlu untuk dibatasi atau jangan terlalu banyak. Hal itu dikarenakan kandungan capsaicin yang berlebihan pada saluran pencernaan dapat membuatnya menjadi iritasi, baik mengiritasi lambung maupun maag.
 

Lihat juga: Harus Tahu! Buah Lemon Dapat Atasi Banyak Penyakit!

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral