Viral! Video Detik-Detik Gunung Kuda Cirebon Longsor, Terdengar Suara Gemuruh yang Bikin Bergidik

Selasa, 20 Juni 2023 - 10:48 WIB

Cirebon, tvOnenews.com - Longsor di area tambang Gunung Kuda di Desa Cipanas Kabupaten Cirebon Jawa Barat menghebohkan warga. Pasalnya guguran material yang membumbung tinggi dapat dilihat dari pemukiman warga yang jaraknya cukup jauh.

Pihak pengelola pun mengklaim longsor yang terjadi disengaja untuk kegiatan pertambangan.

Terlihat video detik-detik longsor tambang galian C Gunung Kuda di Desa Cipanas Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dalam video terlihat beberapa pekerja tampak berlarian menjauh dari lokasi longsor.

Guguran material tanah dan batuan menyebabkan debu yang membumbung tinggi membuat khawatir warga yang tinggal di sekitar area tambang.

Menurut pengelola galian C Gunung Kuda, longsor yang terjadi bagian dari kegiatan pertambangan dan memang disengaja.

Pasalnya aktivitas pertambangan masih dilakukan dari bawah atau undercutting karena masih belum ada akses untuk dilakukan pertambangan di jalur atas.

Atas peristiwa ini pihak pengelola memastikan tidak ada korban jiwa, lantaran area sudah dikosongkan sebelum dilongsorkan.

Sementara itu saat ini pihak pengelola tengah menempuh proses perizinan ke Kementerian ESDM dan sudah sampai pada tahap pembuatan IUP produksi.

Jika izin dari Kementerian es dan sudah keluar pengelola tambang galian C memastikan proses penambangan bisa dilakukan melalui jalur atas dengan dibangunnya akses jalan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral