Laporan Utama: Koalisi Anies Baswedan Mau ke Mana?

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pertemuan Puan Maharani dengan AHY memunculkan spekulasi berubahnya peta koalisi Pilpres 2024. Namun perubahan besar diyakini tidak akan diumumkan dalam waktu dekat.

Pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Minggu (18/6/2023) siang menjadi sorotan utama publik.

Pertemuan yang dikemas secara santai ini tentu saja bukan pertemuan biasa, ada agenda politik yang dibahas antara kedua pimpinan parpol ini.

Usai pertemuan Puan menyatakan pertemuan ini adalah pertemuan antar generasi muda untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Putri Megawati itu juga tidak membantah bahwa pertemuan ini membahas posisi Demokrat di Koalisi Perubahan. Ia kembali menyinggung nama AHY yang masuk dalam Radar PDIP.

Sedangkan AHY juga tidak menampilkan bahwa ada pembahasan soal Pilpres dalam pertemuan tersebut. 

Bahkan disebut Puan yang mengawali pembahasan soal Pilpres. Meski begitu keduanya menghormati posisi mereka dalam Pilpres 2024.

Pakar Komunikasi Politik Karim Suryadi menilai pertemuan ini tidak akan menghasilkan kejutan yang berkaitan dengan Pilpres 2024. Namun pertemuan ini mempengaruhi peta politik saat ini.

“Saya sering melukiskan pertemuan ini menjadi poin bagi PDIP, kemudian temptation atau godaan bagi AHY sekaligus juga challenge atau bahkan mungkin pressure bagi Anies Baswedan itu yang pertama. Kedua saya tidak melihat apa ya potensi yang terlalu jauh gitu dari pertemuan kemarin karena kalau dalam sepak bola ini baru ya position football gitu ya permainan bola antar pemain di daerah pertahanannya sendiri-sendiri,” tutur Karim.

Pakar Politik Khoirul Umam juga menilai pertemuan ini tidak akan menghasilkan keputusan besar. Pertemuan ini adalah investasi PDIP untuk menghadapi putaran kedua Pilpres.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
Viral