Jejak Afiliasi Al Zaytun Tidak Terlepas dari Pergerakan NII KW9

Jumat, 7 Juli 2023 - 09:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menkopolhukam, Mahfud MD menegaskan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan mendalami dugaan adanya organisasi terlarang di Pesantren Al Zaytun yang berkaitan dengan NII. 

Negara Islam Indonesia (NII) kembali mencuat karena disebut-sebut menjadi afiliasi dari pesantren yang dipimpin Panji Gumilang tersebut. 

Mahfud MD juga tidak menampik berdirinya pesantren Al Zaytun tidak terlepas dari pergerakan NII KW 9 pada saat itu dan Panji Gumilang sebagai pemimpinnya. 

“Sejarahnya memang tidak bisa disembunyikan dulu itu munculnya dari ide KW 9 NII, tetapi dalam perkembangannya yaitu menjadi sekurangnya yang dapat kita lihat fisiknya itu lembaga pendidikan biasa tetapi dibalik itu yang sedang diselidiki karena dulu memang latar belakangnya di situ dan itu ada dokumen yayasannya bahwa dulu yayasannya namanya itu,” jelas Mahfud MD.  

Pada tahun 2002, Majelis Ulama Indonesia (MUI), telah meneliti keterkaitan Pesantren Al Zaytun dengan NII KW 9. 

MUI menemukan indikasi adanya afiliasi dan relasi Pondok Pesantren Al Zaytun dengan organisasi NII KW 9 baik hubungan bersifat historis, finansial dan kepemimpinan. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:19
01:51
04:21
03:35
06:40
02:00
Viral