35-36,7 Derajat Celcius, Suhu Panas Menyerang Indonesia

Rabu, 4 Oktober 2023 - 14:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Indonesia tengah dilanda cuaca panas yang cukup ekstrem, beberapa belakangan ini cuaca panas sangat terasa di sejumlah wilayah Indonesia. 

Berdasarkan pemantauan BMKG suhu di Indonesia terukur berkisar antara 35 – 36,7 C. Jika dibandingkan dengan suhu biasanya, dimana BMKG menetapkan bahwa range suhu udara normal di Indonesia berkisar antara 21,3 derajat celcius hingga 29,7 derajat celcius, tentu suhu ini membuat masyarakat bisa merasakan kenaikan suhu tersebut. 

Terkait hal tersebut, Eddy Hermawan selaku Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN menjelaskan bahwa hal ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole. 

Adapun yang dimaksud dengan El Nino El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) merupakan fenomena global yang memberikan pengaruh terhadap curah hujan yang terjadi di wilayah Indonesia. Besar kecilnya pengaruh itu beragam dari satu tempat ke tempat yang lain.

El Nino adalah kejadian di mana suhu air laut yang ada di Samudra Pasifik memanas di atas rata-rata suhu normal. Berikut selengkapnya. 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral