Pakar Pertahanan dan Politik soal Jokowi Berikan Bintang 4 ke Prabowo, Kepentingan Politik?

Rabu, 28 Februari 2024 - 18:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi naik Pangkat menjadi Jenderal bintang empat. Kenaikan pangkat ini dianugerahkan Presiden jokowi kepada Prabowo saat membuka rapat pimpinan TNI Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. 

Pagi ini Presiden Joko Widodo membuka rapat pimpinan TNI Polri yang berlangsung di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. 

Dalam rapim TNI Polri kali ini Presiden Jokowi secara khusus memberikan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. 

Menurut presiden kenaikan pangkat berupa Jenderal TNI kehormatan yang diberikan kepada Prabowo Subianto merupakan bentuk penghargaan sekaligus peneguhan agar Prabowo dapat berbakti sepenuhnya pada rakyat, bangsa, dan negara. 

Keputusan ini tertuang dalam Kepres nomor 13/TNI/Tahun 2024/tanggal 21 Februari 2024. 

Pakar Pertahanan dan Politik, Selamat Ginting mengatakan dalam Undang-undang dasar 1945 pasal 10, Presiden memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

“Jadi presiden itu sesungguhnya tanpa usulan dari Mabes TNI, dia punya hak prerogatif untuk memberikan kenaikan pangkat termasuk kehormatan. Tentu ini politis dan rata-rata kenaikan pangkat bintang empat itu politis tidak bisa dilepaskan,” tutur Selamat. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
01:19
00:55
25:37
01:06
01:48
Viral