Warning!! Sejumlah Wilayah Berikut Diprediksi Terdampak La Nina | tvOne

Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Jakarta – Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi bakal terdampak cuaca ektrem yang merupakan imbas dari fenomena La Nina. Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hari Tirto Djatmiko mengatakan fenomena La Nina ditandai dengan mendinginnya suhu muka laut di perairan Pasifik Barat. Bila suhunya semakin dingin, maka La Nina menurutnya akan semakin kuat. Hari menuturkan bahwa fenomena alam ini bisa bertahan dua bulan hingga delapan bulan. Tetapi bila berkelanjutan, dimungkinkan bisa bertahan hingga dua tahun.
“Dampak La Nina berkaitan dengan penambahan air atau peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia maka sebagian wilayah di Indonesia diindikasikan potensi curah hujannya meningkat,” tutur Hari.

Ia juga mengungkapkan sejumlah daerah yang intensitas hujannya diperkirakan meningkat dibanding kondisi normal.

“Sumatera bagian selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Kemudian Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi, dan Maluku,” ujarnya.

Hari juga menekankan bahwa dampak fenomena La Nina setiap daerah itu tidak sama dari sisi curah hujan, waktunya, periodenya.

“Perlu diantisipasi fenomena-fenomena terkait bencana hydrometeorology. Yaitu terkait dengan genangan atau banjir, banjir bandang atau longsor, hujan lebat disertai angin kencang, dan berdampak pada transportasi dan sebagainya,” tambahnya.

Menurut Hari, bencana hydrometeorology adalah suatu bencana yang berkaitan dengan air dan cuaca. Jadi berhubungan erat dengan kondisi cuaca yang khususnya air.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG ini mengingatkan untuk mengoptimalisasi pengelolaan air, mengintegrasikannya dari hulu ke hilir melalui danau, embung, sungai, dan kanal  untuk antisipasi debit air yang berlimpah. Hari mengingatkan bila terjadi hujan yang cukup lebat atau bahkan sangat lebat dengan durasi lebih dari lima jam, maka tidak tertutup kemungkinan daerah aliran sungai atau lokasi yang berdekatan dengan tempat penampungan air seperti embung atau danau, akan mendapat limpahan air. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral