Serangan Bersenjata, Antara Pasukan Keamanan India Dengan Hizbul Mujahidin | tvOne

Senin, 2 November 2020 - 12:31 WIB

Srinagar, Kashmir,- Pasukan keamanan India terlibat baku tembak dengan kelompok pemberontak Hizbul Mujahidin di Srinagar, wilayah Kashmir Minggu (1/11) waktu setempat. Dikabarkan komandan tempur Hizbul Mujahidin, Saiful Mir tertembak.

Mereka meng-gerebek markas Hizbul Mujahidin, kelompok pemberontak terbesar di Srinagar minggu (1/11) waktu setempat. Dalam baku tembak yang terjadi pasukan keamanan India berhasil menembak mati  komandan operasi kelompok pemberontak, Saifullah Mir.

Pejabat polisi, Vijay Kumar, menyatakan, pembunuhan itu membuat jumlah militan yang tewas di wilayah mayoritas Muslim tahun ini oleh pasukan India menjadi 190 orang.

Kumar menyatakan, kepala kelompok militan Hizbul Mujahidin, Saiful Islam Mir, umumnya dikenal sebagai Saifullah, ditembak mati di kota utama Kashmir, Srinagar.

Dia dikenal setelah mengambil alih kepemimpinan kelompok di bagian Kashmir yang dikendalikan oleh India setelah pemimpin sebelumnya, Riyaz Naikoo, tewas dalam baku tembak dengan pasukan India pada Mei.

Kepala Hizbul Mujahidin yang berbasis di Pakistan adalah komandan militan Syed Salahuddin. Pemerintah AS memasukkan dia ke dalam daftar teroris global pada 2017.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari kelompok pemberontak Hizbul Mujahidin mengenai tewasnya salah satu komandan tempurnya.

Diketahui, India dan Pakistan sama-sama mengklaim Kashmir secara penuh meski menguasai sebagian. New Delhi telah lama menuduh Pakistan mendukung milis bersenjata di wilayah Himalaya, tuduhan yang dibantah oleh Islamabad. (ito)

(Lihat Juga: Unjuk rasa di Kedubes Prancis di jakarta)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
Viral