Singkirkan Donald Trump, Joe Biden Raup Suara Minoritas AS

Minggu, 8 November 2020 - 13:13 WIB

Jakarta,- Joe Biden, jagian dari partai Demokrat mendeklarasikan kemenangannya setelah memastikan meraih 290 electoral college melampaui syarat 270 untuk menang di pilpres Amerika Serikat.

“Sama seperti di kota besar lain, di Illinois warga banyak yang turun ke jalan, mereka senang karena mereka mendapatkan presiden yang kelihatannya lebih inklusif daripada kebijakan yang diambil Donald trumph,” kata Akademisi Harper College Illiniois, Ronnie Nataatmaja, di Kabar siang.

Berdasarkan pantauannya, selama ini warga AS lebih banyak tertekan dan diam selama kepemimpinan Trump, terutama bagi kalangan minoritas dan kalangan kulit hitam amerika.

“Joe Biden akan mengembalikan ‘Obama care’ yang dibangun saat Joe Biden menjadi wapres saat Obama jadi presiden,” kata dia.

Biden, kata dia, juga diyakini bakal memperbaiki hubungan Amerika Serikat dengan beberapa negara menjadi lebih baik, seperti dengan Inggris dan Jerman.

Tak hanya di Illinois, diketahui para pendukung presiden terpilih Joe Biden berpesta di jalan menyikapi pidato kemenangan joe biden.

Pesta di jalan berlangsung hanya selang beberapa menit setelah saluran televisi di amerika serikat menyiarkan pidato kemenangan biden di pilpres amerika serikat. Para pendukung Joe Biden juga segera berkumpul di dekat gedung putih di ibu kota Washington.

Joe biden memastikan dirinya menjadi presiden ke-46 amerika serikat setelah mengalahkan Donald Trump dalam perolehan electoral college. Biden menang di seluruh negara bagian tersisa, yaitu  Pennsylvania, Nevada, Arizona, Wisconsin dan Michigan.

Dengan hasil akhir memperoleh 290 electoral college jauh melampui syarat memenangkan pilpres AS yaitu 270 electoral college. Petahan Donald Trump terhenti di perolehan 214 electoral college.

Tidak hanya di ibu kota, pesta kemenangan joe biden juga berlangsung di jalan utama kota New York. Sejauh ini, petahana Donald Trump belum membuat pernyataan mengakui kemenangan Joe Biden. Trump sejak awal bersikeras akan menempuh jalur hukum memperkarakan hasil pilpres bila ia kalah dari Biden. (ito)

(Lihat Juga: Awas merapi siaga III, juru kunci peringatkan warga)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral