Pemerintah AS Terancam Shutdown Akibat Gagal Bayar Utang

Kamis, 30 September 2021 - 17:57 WIB

Washington DC, Amerika Serikat - Pemerintah Amerika Serikat terancam shutdown atau penutupan sementara akibat tak bisa membayar utang 400.000 triliun. Bahkan menurut menteri keuangan Amerika Serikat, pemerintah akan kehabisan uang tunai pada 18 Oktober 2021.

hai hai

Pemerintah Amerika Serikat terancam tutup sementara atau shutdown. Hal ini dikarenakan kegagalan senat mencari solusi atas penangguhan utang.

Situasi ini tentu akan menggoyang perekonomian Negeri Paman Sam yang masih dalam masa pemulihan akibat hantaman pandemic Covid-19. Dalam pemungutan suara di senat, Partai Republik yang tidak menyetujui penangguhan utang, unggul suara dari partai Demokrat.

Presiden Joe Biden pun langsung membatalkan kunjungan ke Chicago demi melakukan negosiasi dengan senat untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya, atau shutdown akan mulai berlaku Kamis (30/9) tengah malam.

Jika hal tersebut terjadi, maka ratusan ribu pegawai pemerintahan di paksa cuti di tengah krisis kesehatan yang terjadi di masyarakat. 

Sebelumnya, Menteri Keuangan Janet Yellen menyebutkan Amerika Serikat akan kehabisan uang tunai pada 18 Oktober mendatang. Hal ini disebabkan pemerintah mengucurkan dana hampir 50 miliar dollar perhari, bahkan lebih dari 300 miliar dollar dalam setahun terakhir.

Ini bukan kali pertama pemerintahan AS tutup sementara. Pada masa kepemimpinan Donald Trump, pemerintah sempat tutup selama 35 hari yang berakhir pada Januari 2013.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral