Covid-19 Masih Mengintai, Masyarakat Diimbau Jangan Lengah dan Tetap Taat Prokes

Kamis, 7 Oktober 2021 - 14:08 WIB

Jakarta - Puluhan atlet dan official PON XX Papua yang terpapar Covid-19 saat ini masih menjalani perawatan di lokasi karantina di tiap kabupaten kota.
Epidemiolog Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono belum lama ini mengatakan menyebarnya Covid-19 di pagelaran PON ke-XX menjadi bukti bahwa penyebaran Covid-19 masih belum terkendali seratus persen. Jumlah testing dan tracing di Indonesia yang masih rendah diduga menjadi penyebabnya. Adapun penurunan pada grafik kasus belakangan ini ujarnya tidak mencerminkan kondisi sebenarnya di lapangan. Ia pun memperingatkan semua pihak untuk tidak terlena dengan data penurunan kasus yang ada.
"Semua orang yang kontak dengan kasus harusnya diperiksa PCR-nya. Kan sekarang baru orang yang dengan gejala. Karena sekarang orang yang terinfeksi Covid itu cenderung tanpa gejala atau ringan," ujarnya.
Ia menambahkan 
Secara terpisah, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto menyebut Satgas masih menyelidiki dimana para peserta PON tertular Covid-19.
"Karena ini juga merupakan event besar yang sangat penting dilakukan, ketika ditemukan kasus adalah dilakukan kontak erat terhadap mereka dan sejauh ini alhamdulillah dari kontak erat itu setelah dites juga tidak ditemukan tambahan kasus. Tapi tentu saja kewaspadaan masih harus kita tingkatkan. Protokol kesehatan itu juga menjadi harga mati ketika kita melanjutkan PON ini sampai tanggal 15," ujar Hery menegaskan.
Di waktu pelaksanaan yang tersisa satu minggu lagi, ia berharap tidak ada ledakan kasus yang berasal dari pelaksanaan gelaran olahraga akbar nasional ini. Satgas Covid berjanji untuk memastikan dalam beberapa hari ke depan sumber penyebaran sekaligus melakukan penanganan terhadap orang-orang yang berpotensi tertular virus. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral