Tiga Minggu Berlalu, Gunung Cumbre Vieja Terus Memuntahkan Lava

Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:18 WIB

La Palma, Spanyol - Tiga minggu sejak erupsi pertama kali terjadi, hingga kini gunung Cumbre Vieja di Pulau La Palma Spanyol masih terus memuntahkan lava pijar.
Muntahan lava dari gunung berapi Cumbre Vieja tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat. Otoritas setempat masih terus memantau aliran lava baru yang keluar dari perut gunung yang sejauh ini telah merusak lebih dari 1100 rumah warga. Objek apapun seperti rumah, pertanian, kolam renang, bangunan industri yang berada di jalur aliran lava semuanya habis terbakar.
Sabtu lalu bagian kawah gunung ini kembali ambruk sehingga membuat lava baru yang keluar. Mengalirnya aliran lava yang baru tidak membuat adanya evakuasi warga, lantaran otoritas setempat telah membuat zona terpisah agar tidak ada warga yang mendekat.
Sekitar enam ribu warga telah dievakuasi sejak pertama kali gunung tersebut erupsi. Pulau La Palma berada di gugusan kepulauan Canaria Spanyol, yang berada di Kepulauan Samudera Atlantik sebelah barat laut Afrika. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral