Solar Langka, Petani di Polewali Mandar Terancam Gagal Tanam

Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:34 WIB

Polewali Mandar, Sulawesi Barat - Kelangkaan bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar masih terjadi di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.
Kelangkaan ini tidak hanya berdampak pada nelayan, namun puluhan hektar sawah juga terancam gagal tanam lantaran traktor untuk membajak sawah kehabisan bahan bakar.
Memasuki musim tanam sawah, para petani di Desa Tumpiling dan Desa Tonrolima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat tak kunjung menggarap sawah, lantaran traktor yang biasa disewakan petani tidak lagi beroperasi, akibat kelangkaan bahan bakar minyak jenis solar.
Kelangkaan ini sudah berlangsung sejak satu bulan terakhir, bahkan sejumlah traktor terlihat teronggok di tengah sawah karena kehabisan bahan bakar.
Sejumlah petani yang telah menabur benih terpaksa membajak sawahnya dengan cara manual yakni mencangkul. Namun, cara ini tidak efektif dan memakan waktu lama karena sawah yang dibajak terlalu luas.
Seluas 89 hektar sawah yang tersebar di Desa Tumpiling dan Desa Tonrolima terancam gagal tanam. Tak hanya petani, ratusan nelayan juga tidak melaut sejak beberapa pekan terakhir lantaran kesulitan mendapatkan solar.(awy)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral