Waduh! Virus Corona Varian Omicron Masuk Indonesia?

Kamis, 9 Desember 2021 - 19:15 WIB

Jakarta - Profesor Ari Fahrial Syam, pakar kesehatan dari Universitas Indonesia mengatakan bahwa Indonesia harus selalu waspada dengan virus Covid-19 varian Omicron.

Baru dua minggu lalu, baru sekitar 20-an negara yang mengkonfirmasi temuan varian Omicron di wilayahnya. Namun kini paling tidak sudah ada 40 negara yang mengumumkan hal serupa.

"Sampai saat ini belum terjadi transmisi lokal ya. Kalau di Afrikanya sendiri kan memang dia menular dari situ. Oleh karena itu memang pemerintah ini harus tepat, tidak boleh ada toleransi sedikitpun ketika memang kita sudah menetapkan setiap orang yang baru datang dari luar negeri itu harus di-PCR. Kita meski konsisten. Kemudian kalau saat ini harus dikarantina yang dikarantina," tegasnya.

Omicron ini, imbuh Ari, tak bisa hanya harus di-PCR. PCR hanya mengetahui apakah individu tersebut positif atau negatif mengidap Covid. Namun jika ia positif, untuk mengetahui lebih lanjut apakah ia mengidap varian Omicron atau tidak maka harus dilakukan proses sequencing.

Keberadaan alat sequencing ini di Indonesia masih dapat dihitung jari. Profesor Ari menyatakan bahwa alat ini biasanya hanya dimiliki lembaga-lembaga riset dan pendidikan.

Karena keterbatasan alat tersebut, maka ia mengimbau kepada semua pihak khususnya para pemangku kebijakan untuk tidak boleh mentoleransi protokol monitoring dan penanganan pandemi, khususnya bagi orang-orang yang baru datang dari luar negeri. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral