Puluhan Makam di Polewali Mandar Rusak Tergerus Abrasi

Minggu, 12 Desember 2021 - 16:22 WIB

Polewali Mandar, Sulawesi Barat- Puluhan makam warga Dusun Ali-ali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat rusak dan hilang akibat tergerus abrasi dan gelombang tinggi yang terjadi sepekan terakhir. Tak hanya makam, permukiman warga yang berjarak 100 meter dari bibir pantai pun terancam.
 
Kondisi kompleks pemakaman umum warga Dusun Ali-ali Kecamatan Polewali ini sangat memprihatinkan. Puluhan makam rusak dan bahkan hilang tergerus gelombang tinggi yang terjadi satu pekan terakhir.
 
Bahkan akibat tergerus, kain kafan channel saya juga nampak di permukaan. Awalnya, kompleks pemakaman ini berjarak 100 meter dari bibir pantai. Namun akibat abrasi, kompleks makam ini langsung berada di bibir pantai sehingga jika air laut pasang maka makam pun terendam.
 
Warga sudah melaporkan kondisi pemakaman ini ke pemerintah daerah setempat, namun hingga saat ini belum ada tanggapan. Warga berharap ada langkah pencegahan secepatnya, karena bukan hanya pemakaman, namun pemukiman warga yang berjarak 100 meter dari bibir pantai pun terancam abrasi jika tak dibangun tanggul penahan.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral