Harga Kedelai Melambung Tinggi, Pabrik Tahu Tempe Setop Produksi

Senin, 21 Februari 2022 - 09:20 WIB

Banjar, Jawa Barat - Produsen tahu tempe di berbagai daerah mogok produksi selama tiga hari. Hal itu dilakukan menyusul harga kacang kedelai yang tidak kunjung turun.

Seluruh pengrajin tahu tempe yang tergabung dalam Paguyuban Berkah Jaya di Banjar, Jawa Barat sepakat untuk mogok produksi selama tiga hari. Hal ini dilakukan menyusul harga kacang kedelai yang tidak kunjung turun.

Pedagang berharap pasca aksi mogok harga kedelai bisa kembali normal. Jika harga kedelai tetap mahal maka para pengrajin sepakat untuk menaikkan harga produknya. Rencananya nantinya satu bungkus tahu akan dijual Rp5.000 atau naik dari harga saat ini yang hanya Rp4.000.

Sementara di Desa Gelung, kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur sebagian produsen tahu memilih menghentikan aktivitas produksi mereka akibat kenaikan harga bahan baku kedelai yang terus meroket.

Di desa ini terdapat sekitar 14 pengusaha tahu rumahan. Namun kini tinggal tiga pengusaha tahu yang masih bertahan. Lainnya memilih tutup daripada terus merugi.

Jika harga bahan baku kedelai tak kunjung turun para produsen tahu di Ngawi yang kini masih bertahan dipastikan akan gulung tikar. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral