Bahlil Lahadalia Optimis Soal Investasi IKN

Selasa, 15 Maret 2022 - 18:35 WIB

Jakarta - Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia optimis pembiayaan pembangunan ibu kota negara yang mencapai hampir 500 triliun rupiah akan terealisasi.

Ia juga yakin jika investor asal Jepang Softbank Group yang telah menarik diri untuk berinvestasi di IKN masih bisa dinegosiasikan.

Bahlil menjelaskan pembiayaan dalam konteks investasi untuk IKN itu terbagi ke dalam dua kategori yakni investasi dalam negeri dan investasi luar negeri.

Dengan hal ini ia menepis anggapan bahwa pembangunan ibu kota baru ini hanya mengandalkan investasi asing. Saat ini pemangku kebijakan termasuk Kepala Otorita IKN yang baru dilantik tengah merumuskan langkah-langkah kebijakan yang komprehensif agar investasi dapat mulai mengucur masuk dan mencapai target.

"Kalau ditanya sudah berapa besar kecenderungan opportunity yang bisa masuk? Di dalam negeri sendiri Insya Allah sudah beberapa yang masuk," sebutnya.

Bahlil melanjutkan, investor dalam negeri sudah berjanji akan berinvestasi di IKN sebesar 60-70 triliun rupiah dan Abu Dhabi sudah berkomitmen untuk berinvestasi senilai 30-40 miliar dollar Amerika. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral