Terbuai Rayuan Manis, Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjaman Online hingga Ratusan Juta Rupiah

Selasa, 15 November 2022 - 16:09 WIB

Bogor, Jawa Barat - Ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjaman online hingga ratusan juta rupiah. Karena sering mendapatkan teror oleh depkolektor yang terus menagih, para korban melaporkan kasus ini ke Polresta Bogor Kota.

Terbawa janji manis keuntungan hingga jutaan rupiah, sejumlah mahasiswa IPB University terjerat pinjaman online.

Kasus penipuan investasi online ini berawal ketika sejumlah mahasiswa diajak kerjasama investasi untuk membesarkan usaha toko online dengan keuntungan 10 persen setiap penjualan produk di semua aplikasi online.

Hingga pada akhirnya para mahasiswa pun tergiur. Dari 162 mahasiswa yang mengaku terjerat pinjaman online, sebagian sudah melaporkan kejadian ini ke satreskrim Polres Bogor Kota. Namun sebagian lain masih menutup diri karena takut ketahuan orang tuanya.

Kronologi bermula pada bulan September 2022 lalu ada kegiatan kampus di IPB university Dramaga Bogor, di mana saat itu panitia kegiatan membutuhkan dana untuk mendukung kegiatan. 

Atas arahan dari senior di kampusnya, maka para mahasiswa yang menjadi panitia kegiatan ini diperkenalkan dengan seorang wanita bernama AI. 

Kemudian AI meminta agar para mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan mengikuti saran dan petunjuknya, di mana harus membuka sejumlah aplikasi belanja dan aplikasi pinjaman online.

Para mahasiswa pun mengajukan kredit yang jumlahnya variasi antara Rp6 juta sampai dengan Rp29 juta,  lalu diminta untuk berbelanja di aplikasi berbelanja.

AI yang  mengaku tengah mempromosikan sebuah toko online di aplikasi belanja ini menjanjikan akan memberikan 10 persen keuntungan bagi mahasiswa yang berhasil menjual barang di toko yang ada di aplikasi belanja.

Karena semangat untuk kepentingan suksesnya kegiatan kampus, para mahasiswa pun berlomba mencari pembeli online.

Bahkan tidak hanya belanja, uang pun di transfer ke rekening AI dan mendapat keuntungan 10 persen juga dengan proses pembayaran di janjikan akan diselesaikan oleh Ai. 

Meski acara kampus berakhir dengan sukses. Namun, sedikitnya 126 mahasiswa IPB university ini pun malah kena teror dan mendapat ancaman dari para penagih atau debt collector dari pinjaman online.

Sementara itu pihak IPB University melalui kepala biro komunikasi nya Yatri Indah Kusumastuti membenarkan adanya ratusan mahasiswanya yang tertipu oleh orang bernama AI yang sudah dilaporkan ke Polresta Bogor Kota.

"Kami sudah mengetahui informasi tersebut, saat ini kami tengah melakukan pendataan yang menurut info lebih dari 100  mahasiswa kami yang terlibat, jadi kami melakukan pendataan tentang peristiwa ini, kapan, berapa dan siapa saja, dan kini kami akan memberikan bantuan secara hukum, selain itu bagi mahasiswa IPB yang merasa menjadi korban penipuan, silakan mengadukan ke direktorat kemahasiwaan asisten direktur pengembangan karakter IPB university," kata kepala biro komunikasi IPB di kampus IPB Dramaga.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral