Rektor IPB Mintai Keterangan 126 Mahasiswa yang Terjerat Penipuan Pinjol

Rabu, 16 November 2022 - 08:56 WIB

Bogor, Jawa Barat - Pada Selasa (16/11/2022) malam, Rektor IPB University Dr. Arif Satria mengumpulkan seluruh mahasiswa yang terjerat pinjaman online.

Dalam pertemuan dengan 126 mahasiswa yang menjadi korban penipuan, Rektor IPB University meminta seluruh mahasiswanya menceritakan kronologis kejadiannya.

Hasilnya, Rektor IPB didapatkan informasi bahwa mahasiswa IPB yang terlibat merupakan korban dugaan penipuan transaksi pinjol.

"Hingga saat ini, sebanyak 116 mahasiswa IPB yang jadi korban dari total sekitar 300 orang dari sejumlah perguruan tinggi. Pada kasus ini, tidak ada transaksi yang sifatnya individual yang dilakukan mahasiswa IPB," kata Arif melalui keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Arif menegaskan kasus tersebut bukan merupakan mahasiswa yang membeli barang dan tidak membayarnya. Dia menduga ada unsur penipuan di dalamnya.

"Ini kasus yang diduga ada unsur penipuan dengan modus baru yang dilakukan oleh satu oknum yang sama, yang sudah kita identifikasi dan dilaporkan ke polisi," ujarnya.

Pihak IPB pun telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, di antaranya kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurutnya, hal itu tentu menjadi pembelajaran bagi mahasiswa IPB.

"Karena itu, tindakan preventif dengan melakukan peningkatan literasi keuangan dan fintech kepada mahasiswa perlu dilakukan. Hal itu, kata dia, sebagai upaya agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari," paparnya.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral