Dampak Buruk akibat Memakan Makanan Haram, Doa Tak Terkabul?

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:30 WIB

Halal atau tidak, begitulah yang terbersit di benak muslim ketika hendak mengkonsumsi makanan. 

Dalam surat Al-Baqarah ayat 168 Allah SWT berfirman yang artinya “Hai sekalian manusia makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu”.

Islam mengatur segala sendi kehidupan manusia, Salah satunya makanan. Selain faktor rasa, gizi, kebersihan dan keamanan, terdapat hal yang tidak kalah penting, yakni status halal dan haram makanan.

Dewan Syariah Nasional MUI, Drs H Aminudin Yakub, M. A mengatakan persoalan halal dalam Islam itu adalah hal yang sangat inti dalam ajaran Islam.

“Bahkan ulama mengatakan halal-haram itu harus diketahui oleh seorang muslim Setelah dia bersyahadat. Dengan adanya Undang-Undang Jaminan Produk Halal sekarang dimana pasal 1 nya berbunyi ‘setiap produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, barang gunaan produk biologi, produk kimia, dan jasa itu wajib mendapatkan sertifikasi halal’,” tutur Yakub.

Istilah halal dan haram banyak digunakan salah satunya yang berkaitan dengan makanan. Keduanya berasal dari bahasa Arab. 

Halal bermakna dibolehkan, sementara haram berarti tidak dibenarkan atau dilarang.

Adanya larangan memakan makanan haram tentu memiliki manfaat besar bagi keselamatan jiwa raga dan akal seseorang.

“Jika kita mengkonsumsi dari sumber-sumber yang tidak halal itu, kata nabi ‘daging yang tumbuh dalam tubuh kita, dalam tubuh anak istri kita, yang sumbernya dari yang tidak halal, neraka itulah tempatnya.’ Halal haram itu membawa pengaruh kepada doa-doa kita,” ucap Yakub.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral