TERUNGKAP! Masjid Jami Al Istiqomah Dilempar Bom Molotov, Warga Berhasil Tangkap Pelaku

Senin, 28 Desember 2020 - 12:05 WIB

Jakarta, Klik Disini - Rekaman kamera pengintai (CCTV) yang beredar di media sosial (medsos) menunjukkan seorang pria paruh baya berinisial D (56), melempar bom molotov ke Masjid Al-Istiqomah, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu malam (26 Desember 2020). Aksi pria asal Jatimulya, Kosambi, Kabupaten Tangerang tersebut cepat diketahui warga dan jemaah masjid, kemudian mengelak saat diinterogasi ramai-ramai. Menurut rekaman kamera pengintai CCTV yang beredar di media sosial Instagram @jakarta.terkini, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.39 WIB.

Salah satu jemaah Masjid Al-Istiqomah Cengkareng, Jakarta Barat, Murjani, menjelaskan, kronologi tertangkapnya D (56) yang melemparkan bom molotov ke masjid tersebut. Menurut Murjani, tersangka D tertangkap karena jaket belakang pelaku sempat terkena percikan api dari bom yang dilemparkannya.
"Karena dia lempar dan terkena tembok, jadi sebagian cipratan api mental ke badan pelaku. Warga nangkep (menangkap) pelaku dan menyiramkan air," ujar Murjani di Jakarta, Minggu (27 Desember 2020)

Murjani mengatakan, pelaku ditangkap kurang dari 50 meter dari lokasi tersebut. Menurutnya, pelaku sempat dihakimi massa sebelum diamankan di Sekretariat Masjid Al-Istiqomah. "Namun saat diinterogasi jemaah, pelaku malah menjawab asal-asalan," kata Murjani.

Pihak polisi yang menangani kasus ini menyebutkan, pelempar bom molotov tersebut dirujuk ke psikiater untuk dites kejiwaannya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan, pemeriksaan kejiwaan tersebut untuk membuktikan apakah pelaku melempar bom molotov tersebut dalam keadaan sadar ataupun tidak. "Kita tunggu hasil observasi dari psikiater, karena yang berhak mengatakan sakit jiwa atau bukan dari dia tentunya," ujar Yusri di Jakarta,  Minggu (27 Desember 2020).

Yusri mengatakan, pada Sabtu (26/12) malam, Lurah Kapuk bersama anak pelaku sudah meminta maaf kepada Dewan Kemakmuran Masjid Al-Istiqomah dan mengatakan ayahnya mengalami gangguan kejiwaan. Kasus tersebut masih dalam penanganan Polres Metro Jakarta Barat. "Tetap kita proses sambil berjalan," ujar Yusri. (ari/ant)

(Lihat juga Oppo Reno5 Pro Plus Resmi Meluncur, Ini Dia Spek & Harganya)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral