Cara Terbaik Menambah Nikmat Allah SWT | Ustadz Rouf

Senin, 23 Maret 2020 - 05:00 WIB

Jakarta, Klik Disini - Cara Terbaik Menambah Nikmat Allah SWT | Ustadz Rouf Nikmat yang selalu kita dapatkan merupakan anugrah yang Allah subhanahu wa ta’ala berikan. Maka sebagai hamba yang taat dan patut tiada henti-hentinya setiap waktu bersyukur dan pastikan saat kita menerima nikmat-Nya atau dalam kegiatan apapun ucapkan “Alhamdulilah”.

Penting bagi seorang Muslim memahami apa itu syukur sebenarnya. Imam al-Qusyairi mengatakan, ”hakikat syukur adalah pengakuan terhadap nikmat yang telah diberikan Allah yang di buktikan dengan ketundukan kepada-Nya. Jadi, syukur itu adalah mempergunakan nikmat Allah menurut kehendak Allah sebagai pemberi nikmat. “Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah”.

(H.R Ahmad dan Baihaqi) Karena itu, dapat dikatakan bahwa syukur yang sebenarnya adalah mengungkapkan pujian kepada Allah dengan lisan, mengakui dengan hati akan nikmat Allah, dan mempergunakan nikmat itu sesuai dengan kehendak Allah. Sebagian ulama mengatakan kata syukur berasal dari kata “syukara” yang berarti “membuka”.

Sehingga kata syukur adalah lawan dari kata “kafara” (kufur) yang berarti menutup atau melupakan nikmat dan menutup-nutupinya. Syukur itu ialah mengerjakan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala baik secara lahir maupun batin, serta menjauhi segala maksiat yang bersifat lahir dan batin, dengan berusaha menjaga hati, lidah, mata, telinga, dan segala anggota lahir dan batin dari kecenderungan untuk melakukan kemaksiatan. #SyukurNikmat #NikmatAllahSWT #AssalamualaikumNusantara #UstadzRouf

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral