Kemendikbutristek Gelar Indonesia Musik Expo di Ubud.
Sumber :
  • tvOne - alfani syukri

Kenalkan Kekayaan Budaya Musik ke Kancah Dunia, Kemendikbutristek Gelar Indonesia Musik Expo di Ubud

Minggu, 24 September 2023 - 13:37 WIB

Gianyar, tvOnenews.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Lokaswara menggelar ajang seni budaya Indonesian Music Expo (IMEX): A Paradise for World Music 2023, yang di gelar di Museum Puri Lukis Di kawasan Ubud, Gianyar, Bali. 

Perhelatan IMEX 2023 berlangsung sejak tanggal Kamis, 21 September 2023 dan berakhir pada Minggu, 24 September 2023. 

IMEX merupakan sebuah festival musik etnis tradisional yang dimainkan sesuai dengan karakter kearifan lokal masing-masing daerah di Indonesia.

Digelaarnya IMEX ini adalah untuk menyebarluaskan kekayaan musik tradisional Nusantara ke kancah internasional, dengan mengundang pelaku musik dunia untuk menyaksikan dan terlibat langsung di panggung.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, mengatakan Indonesia memiliki pertumbuhan musik dari beragam etnis karena menjadi simpang pertemuan peradaban Timur dan Barat.

"Gelaran IMEX dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan kekayaan budaya musik Nusantara ke mancanegara, sehingga diminati oleh pasar dunia," ujarnya.

“World music di Indonesia tidak bersifat abstrak. Justru karakter budaya Indonesia amat banyak masuk dalam kategori world music. Terdapat unsur keunikan budaya lokal dan seharusnya dipopulerkan di tingkat dunia,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral