seekor paus sperma kerdil mati di perairan Bali.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

Viral, Seekor Paus Sperma Kerdil Mati di Perairan Bali, Tubuhnya Banyak Gigitan Predator Hiu

Senin, 18 Desember 2023 - 13:14 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Video seekor paus yang terdampar di Pantai Semawang, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, viral di media sosial, Senin (18/12).

Sumarsono selaku Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali mengatakan, bahwa paus dengan jenis paus sperma cebol atau kerdil telah mati dan sekarang telah diotopsi di Yayasan Bali Bersih, di Serangan, Bali.

"Itu paus sperma cebol satu, panjangnya tiga meter dan lebarnya sekitar 40 centimeter. Itu ketahuan terdampar jam 8 pagi tadi. Sekarang lagi di otopsi di Serangan, itu awalnya ditemukan hidup dan saat dievakuasi sudah mati," kata Sumarsono, saat dikonfirmasi, Senin (18/12).

Ia menyebutkan, bahwa awalnya paus tersebut terdampar di Pantai Semawang. Namun, saat didorong ke laut, paus tersebut tidak mau dan malah balik lagi dan di tubuhnya ditemukan banyak gigitan predator hiu.

"Mungkin karena sakit terus mau diobati dan baru diangkat sudah tidak bernafas. Itu ada bekas gigitan hiu banyak, di perut terutama yang parah," imbuhnya.

Ia menduga,bahwa paus tersebut sebenarnya bergerombol dan kemungkinan setelah diserang gerombolan hiu akhirnya terpisah dan terdampar.

"Dia biasanya bergerombol tapi ini terpisah, diserang hiu terus terpisah dari rombongannya dan gigitannya banyak. Ini masih diotopsi dan rencana dikubur di Serangan saja," ujarnya. (awt/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral