Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.
Sumber :
  • Tim Tvone-Vera Bahali

Bupati Manggarai Barat Dukung Kenaikan Tiket di Pulau Komodo, Ini Alasannya

Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:37 WIB

Labuan Bajo, NTT - Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mendukung wacana kenaikan harga tiket ke Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. Edi mengatakan, kenaikan harga bisa menjadi salah satu cara untuk melestarikan habitat komodo. 

"Kalau bahasa saya dibatasi. Saya mendapat informasi yang dibatasi adalah di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan di sekitarnya," beber Edi di Labuan Bajo, Sabtu (2/7/2022).

Ia melanjutkan, kenaikan harga bisa berdampak pada jumlah pengunjung wisata yang datang ke Pulau Komodo. Hal ini juga akan berdampak pada kenyamanan satwa yang ada di pulau tersebut, khususnya komodo. 

"Tujuannya kan untuk menjaga ekosistem komodo, biar ada keberlanjutan. Kita belajar dari puluhan tahun silam. Dulu, di Labuan Bajo juga banyak komodo, tetapi karena banyak manusia yang datang dan tinggal, komodo menghilang. Hal ini yang kita tidak ingin terjadi di Pulau Komodo," terang Edi. 

Ia juga berharap, pemerintah pusat tetap menyiapkan kebijakan agar masyarakat yang bergantung pada perekonomian di pulau tidak dikorbankan. 

"Harapannya, dampak dari pemberlakuan ini, rakyat tidak dikorbankan. Maka pemerintah harus menyiapkan regulasi agar masyakarat yang menggantungkan perekonomian di pulau bisa tetap bertahan," tutup Edi. (Vbi/Ask) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral