Pekerja sedang mengebut pekerjaan penambahan ruas jalan untuk mengatisipasi kemacetan pada musim mudik lebaran 2023.
Sumber :
  • timtvOne - Agung Prasetio

Cegah Kemacetan di Pintu Masuk Keluar Rest Area Saat Musim Mudik, Astra Cipali Tambah Lajur Jalan

Rabu, 5 April 2023 - 13:53 WIB

Subang, Jawa Barat - Menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun ini, pihak pengelola tol terus melakukan perawatan dan penambahan lajur tol, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan. Salah satunya adalah tol trans jawa Cikopo-Palimanan yang menjadi jalur utama para pemudik mengarah timur Pulau Jawa.

Demi kelancaran dan mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di setiap pintu masuk dan keluar rest area di tol Cikopo-Palimanan saat musim mudik dan balik, saat ini pengelola tengah menambah lajur tol, dan dipastikan pengerjaan akan rampung pada H-10 lebaran.

"Khusus untuk astra infra saya pastikan H-10 seluruh produksi kita jalan, jembatan, dan sebagainya semuanya sudah clear". Ucap krist ade sudiyono, Ceo Toll Road  Business Astra Infra group di kantor Astra Cipali Subang (04/04/2023).

Pelebaran jalan atau penambahan lajur dikerjakan di tiga titik yang berhadapan langsung dengan rest area yakni, di kilometer 86 wilayah Subang, kilometer 102 subang, dan 130 wilayah indramayu. Masing masing dengan panjang 1.5 kilometer, baik dari arah jakarta menuju palimanan, atau sebaliknya dari palimanan menuju jakarta.

"Teman-teman mungkin saat ini melihat dilapangan ada beberapa kontruksi yang masih berjalan, lalu ada progres pelebaran lajur didepannya rest area yang masih berjalan, tapi saya dapat konfirmasi itu akan selesai sebelum H-10, saat ini 40% dan itu tinggal pengerasan". Ujarnya.

Selain itu, guna mendukung layanan infastruktur konektivitas dalam mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2023, ASTRA Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik, termasuk kondisi jalan dan kualitas marka jalan.

Di Ruas tol Tangerang-Merak dilakukan penambahan lajur ke-3 ruas Cikande – Serang Timur dari KM 51 hingga KM 72, alih fungsi gerbang tol Gerbang Tol Balaraja Timur Lama yang tidak berfungsi menjadi parking bay di KM 36, serta penambahan kapasitas parkir di Rest Area KM 43 dan KM 68
arah Merak yang akan digunakan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan di Pelabuhan Merak. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral