Salah satu "Rumah Sultan" di Dusun Pangauban, Garut, Jawa Barat.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Taufiq Hidayah

WOW! Ada Kampung Sultan di Garut, Rumah Gedong Bergaya Eropa Berderet di Sepanjang Jalan Desa

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:30 WIB

Garut, tvOnenews.com - Sebuah kampung di Garut, Jawa Barat, mendadak viral di media sosial (medsos). Puluhan rumah megah bergaya Eropa berdiri kokoh berjejer di sepanjang jalan desa. Banyak yang mengira yang tinggal di tempat itu adalah "sultan", tapi pemiliknya adalah penduduk desa yang sukses berdagang tas

Pemandangan di Dusun Pangauban yang berada di Desa Jangkurang Kecamatan Leles Garut, Jawa Barat, sangat berbeda jika dibandingkan dengan desa lain di Garut. Di Dusun pangauban terdapat puluhan rumah besar dan mewah berjejer di sepanjang jala desa. Kondisi di Dusun Pangauban mendadak ramai menjadi perbincangan di medsos karena disebut sebagai "Desa Sultan". 

Dari hasil penelusuran, ternyata sebagian besar warga di Dusun Panaguban adalah berprofesi sebagai pedagang tas. Mereka sukses bergelut dibidangnya sehingga bisa membangun rumah yang besar dan mewah di kampungnya. 

Salah seorang pemilik rumah sultan yang berhasil ditemui adalah Haji Amang, ia satu dari puluhan pedagang tas yang sukses hingga memiliki rumah mewah. Ia mengaku bisa seperti sekarang bukan lah secara tiba - tiba, melainkan penuh dengan perjuangan dan air mata.

"Jualan tas, awalnya saya ikut menjahit tas, produksi sendiri kemudian dipasarkan sendiri. Ya cara jualannya keliling, sampe ke Sumatera, Lampung, bahkan ke Bali. Jadi gak tiba-tiba begini, sempat jatuh juga usahanya, sempat tertipu juga," kata H Amang, Selasa (25/07/2023).

Ia menambahkan bahwa penyematan Kampung sultan dianggap biasa saja, sudah sejak tahun 2000, Dusun Pangauban memang seperti ini.

"Dari tahun 2000 juga begini, jadi ya biasa saja gak ada yang istimewa. Intinya kita yang dagang nah istri yang pegang uangnya, kalo laki-laki pegang uang soalnya habis terus," tambahnya sambil tersenyum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral