Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Garut menerjunkan petugas menelusuri suspek pasien difteri.
Sumber :
  • timtvOne - Taufik Hidayah

Awas! Difteri Kembali Mewabah Di Garut, Dinkes : 1 Orang Pasien Meninggal Baru Susfek

Jumat, 4 Agustus 2023 - 20:00 WIB

Garut, tvOnenews.com - Seorang warga Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang Garut, Jawa Barat, dilaporkan meninggal akibat susfek difteri. Kini Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, menerjunkan petugas medis untuk melakukan penelusuran kepada warga desa yang terdampak wabah mematikan itu.

Seorang pasien di Garut meninggal dunia dengan gejala mirip difteri. Pasien mengalami keluhan demam tinggi, sakit nelan, terdapat selaput putih diantara tenggorokan, serta bengkak bagian saluran tenggorokan.

Dengan temuan keluhan susfek itu, Dinkes Garut, menerjunkan bidan Desa, medis puskesmas dan kader Desa Sukakarya Kecamatan Samarang, Garut, untuk melakukan penelusuran dan langkah imunisasi terhadap 20 warga yang mengalami kontak erat dengan pasien meninggal.

"Baru kearah kompatibel klinis, atau gejala susfek yang sudah mengarah ke difteri. Belum dinyatakan konfirmasi difteri namun demikian kami melakukan langkah pro aktif bila mana kasus ini jadi positif,"kata Dr Asep Surahman, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Garut, Jumat (04/08/2023). saat ditemui di Puskesmas Sukakarya.

Ia menambahkan bahwa satu pasien susfek difteri itu telah dilakukan pengambilan sample untuk diuji di laboratorium. Namun hasil positif atau negatif difteri akan bisa ditemukan setelah 5 hari masa uji laboratorium.

"Melakukan mengambil swab, tresing, memberikan obat pencegahan dan melakukan imunisasi terhadap kontak erat. Dapat informasi kemarin pagi ini pasien meninggal, sehingga kecurigaan semakin kuat jangan - jangan ini susfek difteri. Untuk hasil positif dan negatifnya kita menunggu 5 hari ke depan,"jelasnya. 

(thh/ fis)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral