Kondisi wilayah yang terdampak banjir bandang di Garut.
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Banjir Bandang Sapu 6 Kecamatan di Garut, Pemda: 7 Hari Tanggap Darurat

Sabtu, 16 Juli 2022 - 12:35 WIB

Garut, Jawa Barat - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut menetapkan status tanggap darurat pasca-banjir melanda 6 Kecamatan. Tanggap darurat ini diberlakukan 7 hari ke depan untuk upaya rekonstruksi dan penanganan korban terdampak banjir. 

Sebanyak 6 Kecamatan di Garut dilaporkan menjadi wilayah terdampak banjir luapan sungai Cipeujeuh dan sungai Cimanuk. Wilayah itu antara lain Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Banyuresmi, Kecamatan Cilawu, dan Kecamatan Cikajang. 

Wakil Bupati Garut, Hemi Budiman mengatakan, per hari ini Pemerintah Daerah menetapkan masa tanggap darurat.

"Iya masa tanggap darurat, ditentukanya oleh Pak Bupati, ada pun jumlah terdampak masih dihitung. Yang paling banyak terdampak memang di wilayah Dayeuh Handap, Kelurahan Kota Kulon," kata Hemi Budiman di lokasi bencana, Sabty (16/7/2022).

Beragam fasilitas umum dan sarana ibadah termasuk rumah warga banyak yang rusak pascabanjir ini. Di wilayah Dayeuh Handap saja ada 7 rumah rusak berat, 43 rumah rusak ringan, sementara seratus lebih jiwa harus diungsikan.

"Di sini memang paling banyak yang terdampak, ada seratus lebih yang harus ngungsi, 7 rumah rusak berat," tambah Wabub. 

Kini upaya pendataan masih terus dilakukan oleh BPBD Garut, termasuk penyaluran berbagai macam bantuan menjadi prioritas kepada warga yang terdampak. (thh/act) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral