Seorang dalang bocah tengah melakukan pentas wayang kulit pada Festival Dalang Bocah oleh sanggar SKWL..
Sumber :
  • tim tvOne - Agus Saptono

Peringati Hari Wayang Sedunia, 25 Anak Ikuti Festival Dalang Bocah ke-2 di Boyolali

Selasa, 7 November 2023 - 01:07 WIB

Boyolali, tvOnenews.com – Dalam rangka memperingati Hari Wayang Sedunia, sebanyak 25 anak unjuk kebolehan di Festival Dalang Bocah ke-2 yang diselenggarakan oleh Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara di Desa Tegal Giri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu dan Senin, 5 hingga 6 November 2023. 

Pimpinan Sanggar SKWL Nusantara Boyolali, Ki Gondo Wartoyo menjelaskan, dalam rangka Hari Wayang Sedunia atau Hari Wayang Nasional, pihaknya sudah dua kali mengadakan Festival Dalang Bocah. Pada festival kali ini, pesertanya ada 25 anak-anak yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Sebenarnya, banyak banget yang mendaftar, tapi waktu kita hanya 2 hari. Kita batasi dan akhirnya kita kurangi pesertanya. Nanti, diambil juara 1, 2, 3, dan harapan 1, harapan 2. Jurinya Ki Suryanto dari Boyolali, Ki Jarwo dari Karanganyar, dan Bambang Wiji Nugroho dari Jogja," ujarnya.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan ditandai dengan pemukulan gong.

Bupati Boyolali mengapresiasi pelaksanaan Festival Dalang Bocah tersebut. 

"Ini tentunya kegiatan yang harus kita apresiasi dalam rangka mendukung regenerasi keberadaan dalang muda, dalang remaja, dalang bocah, dalang anak di Boyolali ini. Alhamdulillah (acara) dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Dalam festival tersebut, peserta diberi waktu selama 30 menit untuk menunjukan kebolehannya dalam melakukan pentas wayang kulit dengan membawa lakon atau judul bebas. Selain itu, pakem atau gagrak yang digunakan adalah pakem Surakarta.(ags/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral