Aktivitas warga di salah satu Pasar Tradisional di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tri Handoko

Tradisi Prepegan Warga Brebes, Berkah Bagi Pedagang Dadakan Sehari Jelang Lebaran

Selasa, 9 April 2024 - 10:01 WIB

Brebes, tvOnews.com - Sehari menjelang lebaran, ribuan orang di Brebes, Jawa Tengah, berbondong-bondong berbelanja mendatangi pasar membeli segala kebutuhan untuk perayaan lebaran.

Selain untuk membeli baju baru, mereka juga membeli kebutuhan lainnya seperti makanan, janur untuk ketupat lebaran serta bunga setaman untuk pergi ziarah ke makam.

Ribuan orang berbondong-bondong pergi ke pasar untuk berbelanja kebutuhan Lebaran, dalam istilah masyarakat pesisir Brebes ini disebut sebagai "Prepegan".

Ada dua prepegan yang dikenal masyarakat pesisir, yakni prepegan cilik, yaitu dua hari menjelang lebaran dan prepegan besar yang digelar sehari menjelang lebaran.

Prepegan sendiri, aktifitas pasar pasar yang ada di Brebes, Jawa Tengah selalu ramai didatangi ribuan masyarakat, khususnya pemudik yang tengah pulang kampung, mengajak keluarganya berbelanja kebutuhan hari raya Idul Fitri di pasar.

Maka wajar saat prepegan seperti sekarang ini, tidak hanya pedagang pasar yang laris manis menjemput rezeki. Namun, juga menjadi berkah tersendiri bagi pedagang dadakan seperti pedagang bunga setaman dan janur di sekitar komplek pasar.

Ina (50) salah seorang pedagang dadakan yang pada prepegan kali ini berjualan janur di Komplek Pasar Induk Brebes mengaku, memanfaatkan momen menjelang hari lebaran ini untuk berjualan janur.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral