Anak-anak Lereng Gunung Merbabu Sedang Bermain Meriam Bambu.
Sumber :
  • Agus Saptono

Ngabuburit, Anak-Anak Lereng Gunung Merbabu Main Meriam Bambu

Rabu, 6 April 2022 - 00:27 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Cara unik dilakukan sekelompok anak yang berada di lereng gunung merbabu atau tepatnya di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dalam menunggu waktu berbuka puasa yaitu dengan bermain meriam bambu.

Layaknya pasukan perang, setiap sore sekelompok anak ini bersama-sama saling bahu membahu membawa meriam bambu untuk dibawa ke sebuah lahan kosong yang jauh dari permukiman warga.

Setelah sampai di tempat, mereka lalu menata meriam tersebut berjajar dan mengarah ke puncak gunung merapi, meski rumah mereka berada dilereng gunung merbabu namun puncak gunung merapi terlihat jelas dari tempat anak-anak ini bermain.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap memasuki bulan puasa, selain itu untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba,” kata Riski Bagas Pratama salahsatu anak ikut bermain meriam bambu saat ditemui pada Selasa (5/4/2022 )sore.
 
Menurut Riski, dalam permainan meriam bambu membutuhkan beberapa alat yang harus disiapkan, seperti bambu yang kuat dan besar, korek api, dan juga karbit.

“Kalau memakai karbit suaranya di keras seperti meriam beneran,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral