Petugas Loka POM Purwokerto mengambil sampel hidangan takjil dari pedagang di sekitar Pasar Cermai Purwokerto..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Cegah Penggunaan Bahan Berbahaya, BPOM Razia Pedagang Takjil di Purwokerto

Jumat, 8 April 2022 - 22:08 WIB

Purwokerto, Jawa Tengah - Mencegah penggunaan bahan berbahaya dalam hidangan buka puasa, petugas Kantor Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (8/4/2022) sore, melakukan razia pedagang takjil. Dalam razia, dilakukan uji kandungan bahan berbahaya dalam sampel makanan, langsung di lokasi.

Petugas Loka POM Purwokerto, didampingi anggota Polresta Banyumas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, menggelar razia di sekitar Pasar Cermai Purwokerto. Petugas langsung mengambil sampel makanan takjil yang dijajakan di pinggir jalan. 

"Tadi dambil 17 sampel makanan. Antara lain bakso, tahu, kolang-kaling, kue-kue," ujar Kepala Loka POM Banyumas, Suliyanto.

Dari hasil uji sampel, tidak ditemukan bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan.

"Setelah diuji, tidak mengandung Rodamin B, metanil yellow, maupun boraks dan formalin. Jadi aman untuk sampel yang diambil," ujarnya.

Seperti diketahui, bahan kima yang disebutkan, bukan untuk bahan makanan. Jika dikonsumsi, akan sangat membahayakan kesehatan. 

Rhodamin B dan metanil yellow merupakan zat warna yang digunakan pada industri tekstil dan kertas, kosmetika, produk pembersih mulut, dan sabun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral