Agus, tukang potong ayam yang mremo jelang lebaran.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Tukang Potong Ayam Ini Raup Untung Jutaan Rupiah dalam 3 Hari Jelang Lebaran

Minggu, 1 Mei 2022 - 14:54 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bagi Agus (45), hari-hari menjelang Lebaran adalah saat ia menangguk untung musiman. Terutama 3 hari sebelum Lebaran. Istilah orang Semarang adalah masa mremo.

Pada tiga hari itu, masyarakat berbondong-bondong belanja kebutuhan Lebaran. Terutama bahan makanan basah yang akan diolah menjadi hidangan. Satu di antaranya adalah ayam kampung.

Bagi masyarakat di Semarang, ketupat opor sebagian besar memakai ayam kampung. Meski harganya mahal, tapi tetap dibeli.

Dari pasar warga membeli ayam kampung hidup. Nah, mereka kemudian mendatangi jasa pemotongan ayam dan pulang ke rumah sudah membawa daging ayam bersih beserta jeroannya.

Tukang potong ayam seperti Agus pun mendapat orderan melimpah. Dalam sehari ia bersama satu tenaga kerjanya bisa memotong 500 ayam. Maka selama tiga hari jelang Lebaran ini ia bisa mendapat order 1.500 jasa potong ayam.

"Sejak Jumat itu kan mulai mremo. Sudah banyak yang motong ayam. Ada pedagang ayam, ada juga masyarakat biasa yang membawa ayam untuk dipotongkan. Sehari bisa 500 ekor. Tapi khusus hari ini, bisa lebih," kata Agus, Minggu (1/5/2022).

Agus yang sudah puluhan tahun membuka usaha jasa pemotongan ayam di Banyumanik Semarang, hapal betul sebelum  ia akan menerima banyak orderan. Dan tentu saja, ia juga hapal harga kebutuhan apa pun akan naik. Maka ia pun juga menaikkan jasa pemotongan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral