Petugas Damkar Kabupaten Semarang berikan pelatihan pemadaman api kepada masyarakat.
Sumber :
  • Aditya Bayu C/tvOne

Jangan Diguyur Air, Ini Cara Aman Matikan Api Jika Gas Bocor

Kamis, 16 Juni 2022 - 14:45 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kebocoran gas Elpiji hingga menimbulkan semburan api tentu saja akan mendatangkan kepanikan. Apalagi jika hal itu dialami ibu-ibu yang sedang memasak di dapur dan tidak ada orang lain di rumah. 

Guna mengantisipasi kejadian tersebut, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang membagikan tips aman memadamkan semburan api akibat gas bocor atau kebakaran kecil yang terjadi dalam rumah tangga.

Sekretaris Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Alexander Gunawan membagikan beberapa cara memadamkan api akibat kebocoran gas Elpiji dan kebakaran kecil lainnya di rumah.

"Yang pertama tentu jangan panik. Jika panik, semua tindakan yang kita lakukan akan memperparah keadaan. Jika terjadi kebocoran gas Elpiji dan tidak menimbulkan semburan api, cukup dicopot saja pada regulator yang terpasang pada tabung," jelasnya, Kamis (16/6/2022).

Tindakan berbeda tentu wajib dilakukan jika gas Elpiji yang bocor menimbulkan semburan api, baik itu terjadi pada ujung selang maupun pada bagian regulator.

"Jangan pernah mengguyur atau menyemprotkan air pada api karena itu akan memperbesar api yang diakibatkan dari terbakarnya kandungan CO2 pada air. Langkah yang tepat adalah ambil kain. Kemudian, celupkan pada air hingga basah. Kemudian, tutupkan pada bidang yang terbakar," urainya.

Upayakan agar bidang yang terbakar tertutup semua dan bisa ditambahkan dengan kain basah. Selanjutnya, diamkan hingga padam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral